Otomotif

4 Tips Mendapatkan Mobil Bekas Brio yang Berkualitas

Nama Honda Brio tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Mobil Brio mempunyai konsumsi bahan bakar yang irit dan juga desain mobil yang stylish. Meski begitu, harga yang dimiliki oleh Mobil Brio baru masih dinilai terlalu mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang mempunyai dana terbatas lebih memilih membeli mobil bekas Brio daripada membeli baru.

Tetapi tunggu dulu, meskipun bekas, Anda masih bisa mendapatkan mobil Brio dengan kualitas bagus. Untuk mendapatkan mobil Brio berkualitas, Anda dapat menggunakan beberapa tips membeli mobil Brio bekas di bawah ini untuk mendapatkan mobil dan harga Honda Brio bekas yang terbaik.

Tips Membeli Mobil Brio Bekas

1. Bunyi Mesin Masih Halus

Hal penting yang wajib untuk diperhatikan saat Anda beli mobil Brio bekas adalah cek kondisi mesinnya. Sebelum membeli, Anda wajib hukumnya untuk mengecek apakah kondisi mesin mobil masih dalam keadaan baik atau sudah mengalami kerusakan. Berikut ini adalah ciri-ciri dari mesin mobil yang masih bagus.

• Bunyi mesin masih halus
• Tidak mengalami getaran parah saat dinyalakan
• Tidak ditemukan oli yang menetes
• Ruang mesin dalam kondisi bersih dan terawat
• Mobil mudah dinyalakan

Untuk dapat melihat indikator tersebut, Anda dapat coba untuk menyalakan mobilnya. Dengarkan dengan saksama suara dari mesin pada saat dinyalakan dan juga setelah mesin menyala. Setelah itu, Anda dapat buka kap mesin dan perhatikan mesin dengan saksama. Jika mobil masih dalam keadaan bagus, maka Anda tidak akan mendengar bunyi-bunyian aneh dan juga kasar.

2. Cek Tulang di Bawah Kap Mesin

Pada saat mobil mendapatkan perbaikan bodi, biasanya pengerjaan yang dilakukan tidak begitu sempurna. Anda masih dapat melihat beberapa kesalahan yang terjadi pada hasil perbaikan. Oleh karena itu, sebelum membeli mobil Brio ini, Anda dapat cek pada bagian tulang bawah kap mobil. Untuk mendapatkan informasi lebih akurat, Anda dapat tanyakan langsung ke pemilik atau pihak showroom.

3. Cek Bagian Nat Bodi Mobil

Pada umumnya, nat-nat bodi mobil yang masih terlihat rapat menunjukkan jika pemilik sebelumnya menggunakan dan merawat mobil tersebut dengan baik. Posisi nat-nat bodi yang rata dan rapat juga dapat mengindikasikan jika mobil belum sekalipun diperbaiki ataupun menabrak sesuatu. Berbeda lagi jika mobil sudah sering diperbaiki. Posisi nat-nat bodi akan mempunyai kerapatan yang tidak sama.

4. Cek Kaki-Kaki Mobil

Tips berikutnya adalah Anda dapat periksa kondisi bagian kaki-kaki mobil. Kondisi kaki-kaki mobil sangat erat kaitannya dengan kenyamanan Anda pada saat mengendarai mobil ini di jalanan. Kaki-kai yang masih dalam kondisi baik tentu akan membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berkendara. Nah, untuk mengetahui apakah kaki-kaki sudah tidak bagus, Anda dapat perhatikan beberapa hal berikut ini.

• Terdengar bunyi berdecit di kaki-kaki
• Terdapat bunyi-bunyian pada saat mobil belok
• Cek suspensinya bocor atau tidak
• Saat berbelok setir mobil terasa berat
• Bantingan terasa keras

Agar Anda dapat mengetahui keadaan dan kondisi dari kaki-kaki mobil tersebut, sebaiknya Anda mencoba untuk menaiki mobil tersebut. Anda dapat coba gunakan mobil tersebut di jalanan yang tidak rata. Nah, pada saat Anda mencoba mobil tersebut, usahakan Anda dengan teliti merasakan atau jika perlu mencatat apa saja yang terasa aneh dan mengganjal dari mobil tersebut.

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, Anda juga wajib untuk memastikan surat-surat dan dokumen kendaraan Brio tersebut lengkap. Dengan begitu Anda dapat memperoleh mobil bekas Brio dengan kualitas terbaik dan legalitas yang sah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.