Mengenal Ludwig Angina, Mulai Dari Gejala Hingga Cara Mengobati di SehatQ.com

Apakah Anda pernah mengalami nyeri pada leher karena salah posisi tidur, ataupun otot leher terasa kaku karena lelah beraktivitas? Nyeri leher tersebut memang mudah disembuhkan, namun lain halnya dengan nyeri leher yang diakibatkan oleh Ludwig Angina. Apa itu Ludwig Angina? Simak informasi kesehatan mengenai Ludwig Angina dalam artikel kesehatan SehatQ berikut ini.

Apa Itu Ludwig Angina?

Ludwig Angina merupakan infeksi kulit langka yang umum terjadi di bagian dasar mulut di bawah lidah. Ludwig Angina umumnya kerap muncul setelah kasus abses gigi, dimana terdapat kumpulan nanah pada bagian tengah gigi.

Penyakit yang satu ini umumnya juga diikuti dengan cedera mulut atau infeksi mulut lainnya, dan Ludwig Angina lebih sering menyerang orang dewasa jika dibandingkan dengan anak-anak.

Ludwig Angina

Apa Saja Gejala Ludwig Angina?

Ludwig Angina dapat diidentifikasi apabila timbul gejala-gejala seperti di bawah ini:

– Nyeri pada leher
– Pembengkakan lidah
– Pembengkakan leher
– Sulit menelan
– Timbul rasa sakit pada dasar mulut tepatnya di bawah lidah
– Mengalami gangguan berbicara
– Kemerahan pada leher
– Sakit leher
– Terasa sakit pada telinga
– Kelelahan
– Badan demam
– Tubuh panas dingin
– Kebingungan
– Terasa sakit pada dada
– Kesulitan bernapas

Apa Penyebab Ludwig Angina?

Ludwig Angina disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus dan Streptococcus, penyakit ini kerap terjadi setelah infeksi atau cedera mulut contohnya abses gigi.

Faktor lain yang juga dapat memicu terjadinya Ludwig Angina adalah trauma atau sobekan di mulut, tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut, atau pencabutan gigi yang belum lama terjadi.

Bagaimana Mengobati Ludwig Angina?

Selanjutnya SehatQ akan membahas mengenai bagaimana cara mengobati Ludwig Angina. Ludwig Angina dapat menyebabkan gangguan pernapasan, dan umumnya dokter akan memasukkan tabung pernapasan melalui mulut atau hidung ke paru-paru yang bertujuan untuk membersihkan saluran udara.

Penderita pun tak menutup kemungkinan akan memerlukan antibiotik yang disuntikkan ke pembuluh darah hingga nanti gejala tidak terasa. Dokter pun akan meresepkan obat yang wajib dikonsumsi hingga nanti kontrol berikutnya yang menunjukkan bakteri telah benar-benar hilang.

Ludwig Angina juga dapat menyebabkan edema atau pembengkakan akibat dari kelebihan cairan, sehingga diperlukan proses pembedahan untuk dapat menguras kelebihan cairan di bagian rongga mulut yang membengkak.

Bagaimana Mencegah Ludwig Angina?

Untuk menghindari Ludwig Angina, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

– Mengurangi konsumsi makanan yang berpotensi besar melukai lidah, gusi, gigi, ataupun mulut. Contohnya makanan yang terlalu kasar, terlalu keras, atau terlalu panas.
– Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi dua kali dalam sehari, setelah makan di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.
– Memenuhi kebutuhan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan virus dan bakteri.
– Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

Bekali Diri Dengan Informasi Seputar Kesehatan di Portal SehatQ

Tak semua ilmu dapat dicari di bangku sekolah. Di era modern seperti saat ini Anda dapat dengan mudah mencari informasi apapun melalui smartphone, salah satunya informasi seputar kesehatan tubuh.

Beragam artikel kesehatan dapat Anda temukan di SehatQ.com, mulai dari kehamilan, sex, kesehatan lansia, hidup sehat, kesehatan mental, kesehatan wanita, penyakit, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Anda pun dapat mencari informasi lain seputar obat, dokter, tindakan medis, rumah sakit, penyakit, chat dokter, promo hingga forum di SehatQ.

Itulah artikel kesehatan mengenai Ludwig Angina. Apabila Anda merasakan gejala Ludwig Angina, segera periksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *