Pantas Saja, Ternyata Inilah Penyebab Busi Cepat Rusak

Busi merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang cukup penting. Komponen ini berperan penting dalam proses kelistrikan. Sayangnya, banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan yang dapat membuat busi cepat rusak. Lalu, apa saja penyebab busi cepat rusak? Coba perhatikan penjelasan berikut ini.

Penyebab Busi Menjadi Cepat Rusak

Busi Yang Rusak Dapat Menyebabkan Berbagai Masalah

1. Terjadi korsleting di jalur pengapian

Adanya korsleting pada jalur pengapian juga dapat mengakibatkan busi cepat rusak. Tanda-tanda ketika adanya korsleting adalah motor menjadi brebet atau ngadat. Selain itu, setelah dicuci motor juga akan mati total dan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Korsleting ini juga akan berdampak pada komponen yang lain seperti spul, koil, dan CDI.

2. Terjadi kebocoran kompresi mesin

Hal lain yang dapat membuat busi cepat rusak adalah terjadinya kebocoran pada kompresi mesin. Kebocoran ini dapat menyebabkan tekanan di silinder tempat pembakaran akan hilang. Salah satu tanda kompresi mesin bocor adalah sistem pembakaran tidak berjalan dengan maksimal dan membuat busi cepat rusak. Jika mengalami hal tersebut, segera bawa motor Anda ke bengkel untuk mengukur nilai kompresi mesinnya.

3. Pemasangan busi yang kurang tepat

Tidak sedikit kasus ini terjadi pada beberapa motor. Penempatan busi yang kurang tepat akan membuatnya tidak bisa bekerja secara maksimal. Ketidaktepatan posisi ini bisa disebabkan karena terlalu longgar atau jalur ulir sudah mulai rusak. Oleh sebab itu, ketika memasang busi, perhatikan dengan saksama posisinya dan pastikan busi sudah terpasang dengan sempurna.

4. Kesalahan setelah bahan bakar

Bahan bakar juga memiliki peran dalam kesehatan busi. Bahan bakar yang salah dapat membuat isapan bensin terlalu banyak. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih boros dan busi cepat mati karena terlalu sering tersiram bensin. Untuk mengantisipasinya, cek bagian elektrode busi. Biasanya pada bagian atas akan basah jika bahan bakar cukup boros.

Jadi, itulah beberapa hal yang menyebabkan busi cepat rusak. Sebisa mungkin hindari hal-hal di atas agar usia busi menjadi lebih panjang dan tidak membuat motor cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *