Menabung dengan Gaya Kekinian
Bisnis

Menabung dengan Gaya Kekinian? Pahami Konsep dan Caranya!

Anak zaman now memang seringkali mengikuti tren, termasuk tren berbelanja, nongkrong, serta aktivitas pemborosan lainnya. Banyak diantara mereka justru melupakan pentingnya memiliki tabungan. Ya, banyak orang menganggap bahwa tabungan sangat identik dengan kebiasaan yang ketinggalan zaman.

Padahal sejatinya, kita sudah sejak dulu dikenalkan dengan pentingnya punya tabungan. Sekarang justru sebaliknya, di era digital ini banyak orang melakukan berbagai pemborosan entah disadari atau tidak. Contohnya saja melakukan belanja online secara terus menerus, melakukan pinjaman untuk hal tidak penting, dan sebagainya.

Perlu Anda ketahui, kalau sebenarnya kegiatan menabung itu juga bisa dilakukan dengan cara kekinian. Bahkan banyak para pebisnis juga melakukan hal ini, supaya mendukung penghasilan yang didapatkannya. Banyak cara mudah untuk menabung, serta sesuai dengan tren digital.

Menabung dengan Gaya Kekinian
Sumber : pexels.com

Cara Memiliki Tabungan dengan Konsep Gaya Kekinian

Terdapat banyak cara menabung yang sesuai dengan era digital seperti sekarang. Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Bertemanlah dengan Mereka yang Gemar Menabung

Apabila Anda ingin memiliki tabungan, maka sangat penting memperhatikan lingkup pertemanan. Dianjurkan supaya Anda memilih lingkup pertemanan yang lebih suka berhemat dan sering menabung.

Dengan begini, maka Anda akan lebih terinspirasi atas apa yang mereka lakukan. Berteman dengan orang yang salah, justru bisa membuat Anda sering berfoya-foya dan mengalami banyak masalah keuangan.

2. Memanfaatkan Aplikasi Manajemen melalui Gadget

Anak jaman sekarang memang hampir tidak bisa hidup tanpa perangkat gadget. Hampir semua aktivitasnya dilakukan melalui perangkat ponsel, mulai dari berbelanja dan transaksi sehari-hari lainnya. Daripada Anda hanya membuang uang saja, lebih baik gunakan gadget untuk mengatur keuangan.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang tersedia untuk mengatur keuangan, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran. Dengan begini, maka seluruh kegiatan keuangan Anda akan tercatat. Tidak ada lagi dana pengeluaran yang tak terhitung. Selain itu, Anda pun bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak penting atau sekedar pemborosan.

3. Gerakan Menabung Bersama

Saat ini, ada begitu banyak gerakan menabung bersama melalui media sosial. Anda bisa melakukan kegiatan menabung jadi lebih seru, serta targetkan dana yang Anda inginkan. Cobalah untuk mencari tagar mengenai program menabung, lalu ikuti program tersebut jika sesuai.

Berbagai program yang tersedia, seringkali terlihat sangat mendorong kaum muda atas apa yang ditargetkannya. Meski sederhana, tetapi ide ini bisa membuat Anda lebih terpacu untuk memiliki tabungan.

4. Mencoba Metode ala Li Ka-Shing

Metode dari seorang pebisnis Li Ka-Shing ini bisa membantu mengatur pendapatan Anda. Beliau adalah seorang pebisnis yang berasal dari keluarga dengan finansial yang sulit, namun kini beliau telah menjadi pebisnis yang sukses. Beliau memiliki konsep manajemen keuangan, yang kini kerap disebut dengan metode ala Li Ka-Shing.

Ketika mengikuti metode ini, Anda bisa menerapkan pembagian sebanyak 30% biaya hidup, serta 25% sebagai dana darurat dan investasi. Sedangkan 20% digunakan mentraktir orang lain untuk mempelajari ilmunya, 15% untuk meningkatkan skill, serta 10% nya untuk bersenang-senang.

5. Manfaatkan Diskon maupun Cashback

Meski cenderung kecil, tetapi memanfaatkan diskon maupun cashback bisa menghemat pengeluaran Anda. Lumayan bila Anda memperoleh diskon cukup besar atau pun cashback yang misalnya bernilai 10%, 20% atau bahkan 30%.

Sehingga tentu saja, sisa uangnya bisa Anda masukkan tabungan. Tapi pastikan Anda bisa dengan bijak menghadapi penawaran-penawaran atau banyaknya promo tersebut yang justru membuat pengeluaran semakin membengkak.

6. Mengumpulkan Sisa Uang Receh

Siapa bilang uang receh tidak bernilai besar dan tidak bisa Anda pakai? Jika dikumpulkan dalam jumlah banyak, maka dana ini bisa bernilai besar. Disarankan supaya anda menabung setiap kali mendapatkan uang receh atau kembalian.

7. Mulailah Berinvestasi

Kegiatan investasi sangatlah identik dengan tren finansial saat ini. Sebagai anak mudah yang kekinian, berinvestasi tentu bukanlah hal yang baru. Jika dibandingkan dengan buka tabungan biasa, memang investasi cenderung lebih berisiko. Tapi setidaknya, kamu harus memulai memiliki aset atau simpanan sejak muda.

8. Menjual Barang Tak Terpakai

Daripada hanya menyimpan barang yang tak terpakai, Anda bisa menjualnya di situs atau media sosial khusus preloved. Setidaknya, dana yang terkumpul bisa Anda jadikan tambahan saldo tabungan.

Cara menabung yang sesuai dengan gaya kekinian tersebut, bisa Anda terapkan untuk memiliki finansial yang lebih baik. PermataME menawarkan solusi sebagai tabungan yang mendukung konsep gaya hidup kekinian. Produk finansial ini menawarkan banyak keuntungan bagi pengguna.

Keuntungan yang dimaksud yaitu pembuatan rekening mudah dan cepat, bonus saldo awal untuk pembukaan rekening baru, cashback 10% transportasi online, 20% belanja online hingga 30% di coffee shop dan nonton bioskop, serta menawarkan fitur gratis transfer online tanpa syarat. Anda pun bisa mendapatkan kartu debit eksklusif, promo bagi pengguna PermataME Debit Card.

Keuntungan tabungan online ini bisa Anda jadikan pertimbangan untuk menabung dengan cara kekinian dan mengikuti tren jaman. Jadi, kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk melakukan pemborosan dan enggan menabung. Segeralah buka tabungan modern Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.