Kesehatan

Manfaat Minyak Ikan Bayi, Bantu Tumbuh Kembang Mereka

Memberikan minyak ikan bayi pada buah hati anda memang menjadi salah satu cara yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan si kecil. Seperti yang sudah diketahui, minyak ikan memang dikenal mempunyai banyak manfaat. Hal tersebut karena didalamnya terdapat kandungan berupa DHA yang membantu perkembangan motorik, kognitif serta visual bayi.

Omega 3 juga memiliki banyak fungsi. Apabila kekurangan asupan tersebut ternyata akan meningkatkan risiko untuk terkena berbagai macam kondisi kesehatan seperti penyakit jantung. Inilah yang menyebabkan, kandungan ini juga banyak digunakan untuk melindungi anak dari penyakit jantung tersebut.

Jenis Makanan Sumber Minyak Ikan

Asupan minyak ikan untuk anak sendiri ternyata berbeda-beda. Sebagai contohnya, anak usia 0-12 bulan membutuhkan 0,5 gram per hari, untuk usia 1-3 tahun membutuhkan 0,7 gram per hari dan untuk anak usia 4-8 tahun membutuhkan asupan minyak ikan sebesar 0,9 gram per hari. Apabila diberikan secara teratur, maka manfaatnya akan dirasakan.

Karena omega-3 tersebut tidak dapat diproduksi secara sendiri oleh tubuh, maka sebagai orang tua harus memenuhi kebutuhan hariannya tersebut dengan memberikan beberapa hidangan ikan seperti Ikan kembung, Salmon, Kerang hingga sarden.

Jika anda merasa kesulitan untuk memberikan hidangan ikan pada buah hati anda, maka suplemen minyak ikan bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, perlu diingat pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk memberikan suplemen minyak ikan dengan dokter.

Manfaat Minyak Ikan Bayi

Memberikan minyak ikan bayi ternyata memang memberikan banyak manfaat untuk buah hati anda tersebut. Adapun beberapa manfaat yang bisa dilihat diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu Pertumbuhan Bayi Lebih Optimal

Melihat si kecil yang tumbuh optimal tentu menjadi dambaan bagi semua orang tua di dunia bukan? untuk itulah minyak ikan hadir menjadi nutrisi yang sangat bagus buat membantu tumbuh kembang anak agar semakin optimal. Sebab, didalamnya mempunyai kandungan omega-3, vitamin A dan D, asam lemak hingga DHA.

2. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan DHA yang terdapat didalam minyak ikan ternyata juga membantu untuk meningkatkan fungsi otak. Inilah yang menyebabkan anak yang diberikan asupan minyak ikan rutin memiliki kecerdasan lebih dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, kandungan DHA juga akan membantu buat merawat sel-sel otak.

3. Untuk Membuat Penglihatan Semakin Tajam

Masih ada lagi manfaat minyak ikan bayi yakni untuk membuat penglihatan si kecil semakin tajam. Kandungan DHA serta vitamin A yang terdapat didalamnyalah yang mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan mata. Secara tidak langsung, ini akan membuat buah hati anda terhindar dari berbagai macam jenis penyakit mata.

4. Menguatkan Tulang

Diperkaya dengan vitamin D, minyak ikan ternyata juga mampu membuat tulang semakin kuat. Disamping itu, asam lemak omega-3 juga sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang bayi. Dengan tulang yang kuat itulah maka anak anda bisa aktif dalam bergerak.

5. Terhindar dari Eksim

Eksim menjadi salah satu masalah kulit yang sering menimpa bayi dimana biasanya ditandai dengan ruam merah yang gatal. Kemunculannya dapat membuat kulit bayi menjadi sangat kering bahkan bisa membuat kulit berdarah untuk kasus yang parah. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, bunda bisa langsung memberikan kandungan minyak ikan.

Untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati anda, maka memberikan minyak ikan bisa menjadi pilihan paling baik. Ada banyak manfaat minyak ikan bayi yang wajib untuk anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published.